Rabu, 02 Mei 2012

Filled Under:

Kue Lupis Betawi asal buncit 5

02.30


Gw bawakan  dua gelondong lupis Betawi  kekosan KMBSD  di Ciputat waktu itu. Pagi-pagi senyum-senyum deh kita semuanya nikmatin manis gurih kelapa campur kince alias gula merah cair yang kentel dengan ketan yang  legit wahhhhhh lezatttt.
Iip Kawan Gw ngotot bilang kue lupis itu lemang. Ya lupis, lupis, lemang sami mawon lah bagi Gw tapi Pembuatanya yang berbeda dan cara penyajianya kalau lemang dari bambu dan di bakar kalau lupis dari daun pisang di rebus sama-sama dari ketan. Bedanya sama lemang atau lupis dari tempat lain karena lupis Betawi itu dimakan pake parutan kelapa di campur garem sedikit, cairan gula merah dicampur asem sedikit atau menggunakan tape ketan item. Jadi gurih manis gitu dech.
Nah, makannya sih enak. Tapi buatnya itu lho. Ni, ada contekan resep dari Gw waktu itu sih Gw dapet di ajarain sama Ibu Gw di Mampang Daerah Buncit tempat Gw tinggal.
Kue LUpis Betawi
Satu liter beras ketan kualitas baik
Daun pisang
garam satu sendok teh
gula merah seperempat kg
air secukupnya
setengah butir kelapa dikupas dan parut sendiri jangan di tukang parut karena nggak dapat sarinya
Cara Membuat kue lupis
Rendam beras ketan semalam. Kukus di panci langseng sampe berasnya putih terlihat bening. Kemudian daun pisang digulung dibuat seperti tabung dengan diberi semat lidi atau ditekan ke dalam bagian bawahnya. Tabung daun pisang itu diisi beras ketan yang udah dikukus dan diberi garam sedikit. Kemudian bagian luar tabung daun pisang itu dibebat dengan tali rafia agar kuat.
Rebus hingga 7  jam menggukan kompor minyak tanah lama juga kan heheheheheh.
Sementara itu cairkan gula merah dengan air secukupnya. Jika suka boleh taruhkan durian dan daun pandang wangi. Setelah cair, aduk aduk hingga mengental. Potong-potong kue lupis dengan benang bukan pisau supaya tidak lengket. Caranya seutas benang dililitkan di kue lupis dan tarik. Maka potongannya akan rapi sempurna. Tempatkan potongan lupis dalam piring, beri taburan kelapa dan tetesi kinca di atasnya. Nikmati dengan kopi atau teh pahit. Mmm nikmat bukan main..

0 komentar:

Posting Komentar